Bolehkah Pijat Saat Hamil?

Tanya: Apa penyebab pinggul nyeri? Bolehkah dipijat? Istri saya hamil 5 bulan, mengeluh pinggulnya seperti terkilir, berjalan dan bergerak pun sulit.

Jawab: Sakit di daerah pinggul disebabkan meregangnya otot dan persendian, baik akibat semakin besarnya janin maupun karena peningkatan produksi hormon relaksin yang melunak dan meregangkan persendian. Bila rasa sakitnya kuat sampai mengganggu mobilitas, periksakan ke dokter kandungan untuk mengantisipasi adanya masalah seperti kista atau miom di rahim.
Meski jarang, nyeri pinggul yang kuat juga dihubungkan dengan symphysis pubis disfunction (SPD), yaitu gangguan akibat kerja hormon relaksin yang menyebabkan sendi tulang panggul melunak dan terlalu meregang, sehingga menyebabkan adanya celah pada sambungan tulang. Aktivitas berjalan, naik tangga, membalik badan saat tidur, dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada sambungan tulang itu sehingga terasa sakit. Sebaiknya jangan dipijat. Jika sakit sekali, minta obat pereda nyeri ke dokter. Penanganan dokter akan disesuaikan dengan penyebab masalah.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37880   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24109   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20443   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17425   
>  Balita Hobi Tampil   10999   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak