Tanya Jawab Kehamilan: Janin Berukuran Kecil

Tanya: Dok, saya sudah 2 kali hamil dan melahirkan secara normal. Kehamilan saya terdahulu tidak ada masalah. Namun ketika kehamilan ketiga kali ini sudah menginjak minggu ke 23, belum ada tanda-tanda gerakan bayi. Pada minggu ke 19, saya pergi ke dokter kandungan dan dikatakan anaknya memang kecil baik itu ukuran tubuh maupun dilihat dari lingkar kepala. 

Yang ingin saya tanyakan apakah hal tersebut tidak mengganggu pertumbuhannya ketika lahir nanti ataupun apa ada pengaruhnya apabila sampai dengan lahir nanti ?

Jawab: Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan ibu yang ketiga. Yang perlu dipastikan terlebih dahulu berapakah usia kehamilan ibu saat ini sebenarnya ? Sayang sekali ibu tidak memberikan data mengenai menstruasi ibu setelah melahirkan anak kedua dan riwayat KB yang dipakai.

Bila riwayat menstruasinya meragukan maka kita dapat mengadakan penghitungan usia kehamilan berdasarkan USG secara serial selang minimal 2 minggu untuk melihat pertumbuhan janinnya. Setelah itu baru kita dapat menyimpulkan apakah janin ibu terlambat pertumbuhannya atau telah sesuai usia kehamilan. Untuk keterangan yang lebih jelas, sebaiknya ibu segera memeriksakan kehamilan dan berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan ibu.
 
dr. Ichnandy A.Rahman (RSIA Budhi Jaya) 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88469   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29703   
>  Mengasuh Anak Autis   21354   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17773