Ajak Anak Kagumi Kekayaan Alam

Kerlap-kerlip bintang di langit sungguh menarik. Anak akan sangat antusias saat diajak mengenal kekayaan alam di langit itu.

Ketika Anda menunjukkan gambar benda-benda langit, Anda bisa bertanya, ”Planet apa ini?” Anak dengan lantang menjawab, “Merkurius, Venus, Bumi dan Mars!” Hebat! Betapa besar minatnya mempelajari alam semesta.

Mengenal Siang-malam. Anak mengenal alam semesta melalui hal-hal sederhana. Saat langit berubah dari terang jadi gelap dan sebaliknya, misalnya. Lihat saja, pagi hari anak dengan riang berteriak, ”Ma, mataharinya sudah datang. Aku boleh main ya?”

Ia tahu konsep malam hari. Saat hari gelap, ia harus tidur. Sedangkan ketika hari terang, ia boleh bermain di luar rumah. Beragam pengetahuan baru bisa Anda tambahkan, mulai dari perubahan cuaca saat malam dan siang hari dan mengapa terjadi demikian hingga bentuk bumi saat terjadi perubahan itu. Anak semakin bersemangat.

Anak sudah memiliki pengetahuan yang cukup kompleks: tentang alam semesta. Pasti ia kagum ada bola-bola bernama planet di alam semesta. Belum lagi bermacam buku atau film yang mengangkat tema benda langit, mendorong anak senang berkhayal sedang berkeliling ruang angkasa.

Percobaan asyik.  Ada bermacam cara membantu anak mengenal ruang angkasa. Mulai dari membaca buku tentang alam semesta, pergi ke planetarium, museum ilmu pengetahuan atau menonton film tentang benda langit. Selain itu, beragam kegiatan bisa Anda lakukan bersama anak antara lain:
  • Untuk mengetahui rotasi bumi, ajak anak melihat bagaimana matahari bersinar dari sudut berbeda. Caranya? Tanam sepotong lidi atau kayu di tengah halaman. Tandai bayangan matahari yang jatuh ke tanah pada pukul 9.00 pagi dengan kotak kecil atau benda lain. Pada pukul 12.00, ajak  anak  melihat lagi perubahan jatuhnya bayangan dan minta ia menandai dengan kotak berbeda. Lakukan hal sama pada pukul 15.00. Anak sekarang tahu bahwa bayangan telah bergeser.
  • Anda juga bisa mengajak anak punya bayangan tentang gerakan bumi, bulan dan matahari dengan menggunakan bola-bola dan senter di ruang gelap. Percobaan ini pasti seru dan mengasyikkan.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37838   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24097   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20439   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17395   
>  Balita Hobi Tampil   10990   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak