Tanya-Jawab: Balita Susah Tidur

Tanya-Jawab: Balita Susah Tidur Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Setiap malam, anak saya (3 th) sulit tidur. Ia baru terlelap pada pukul 01.00 lebih. Sejujurnya, hubungan saya dengan suami tidak begitu harmonis. Kami sering bertengkar di depan anak, baik dengan kata-kata atau kekerasan. Saya tahu hal itu tidak baik bagi perkembangan jiwanya, tapi saya ingin di bisa mengatasi susah tidur. Mohon solusinya.

Jawab: Anak sangat peka dan pengamat yang tajam terhadap keadaan lingkungannya. Ia mampu merasakan kegalauan hati orang tuanya, terlebih ibunya. Bila Anda merasa cemas dan tegang, anak pun mengalaminya. Maka pertengkaran maupun suasana yang kurang hangat antara ayah dan ibunya bisa membuat anak cemas dan terancam, namun ia belum mampu mengekspresikannya kecemasan seperti orang dewasa. Bila ini berlarut-larut akan menganggu tumbuh kembang balita.
Sebaiknya Anda berdua berkonsultasi ke psikolog perkawinan untuk mendapatkan solusi yang tepat demi keharmonisan keluarga Anda, yang akhirnya juga berdampak posistif bagi perkembangan anak. Selanjutnya, Anda pun dapat membantu anak agar tidur lebih tenang dengan menciptakan suasana nyaman sebelum tidur, memberikan pelukan dan kehangatan untuknya. Libatkan suami Anda bersama-sama dalam aktivitas yang menyenangkan, seperti mendongeng menjelang tidur.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37891   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24115   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20447   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17437   
>  Balita Hobi Tampil   11006   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak