Balita Canggung Bergerak

 

Balita sering jatuh ketika berjalan, menabrak, atau menjatuhkan benda-benda? Di usia 4 tahun, semustinya balita sudah dapat berlari dan lancar naik turun tangga. Jangan biarkan keadaan ini berlarut-larut.

Clumsy atau canggung berarti kesulitan seseorang dalam belajar melakukan gerakan, sehingga gerakan yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang seharusnya dapat dilakukan. Anak yang canggung kurang dapat mengoordinasi gerakannya dengan baik.

Jika ini terjadi pada anak usia 2 tahun, hal ini masih wajar dan bisa dimaklumi. Namun bila ini terjadi pada anak usia 4 tahun tentunya harus diwaspadai, karena seharusnya sudah tidak terjadi.

Canggung tidak hanya masalah jatuh, terjerembab, terpeleset dan tarantuk, namun bisa sampai mengganggu kemampuan anak memahami sesuatu, mengganggu proses berpikir dan proses belajar bahasanya. Anak yang canggung dapat terkikis harga dirinya karena menjadi tertawaan teman-temannya.

Perlu waspada memang, tapi tidak perlu panik. Bantu ia, dengan:
  • Lakukan gerakan-gerakan seperti, bergerak, berjalan menyamping, mundur, maju, berputar, dan melompat.
  • Untuk melakukan gerakan-gerakan itu bisa menggunakan alat bantu seperti bola.
  • Lakukan gerakan kombinasi, misalnya melempar bola setelah berjalan menyamping beberapa langkah, kemudian melompat, dan sebagainya.
  • Lakukan setiap latihan dengan gembira.

Jika gerak canggung balita Anda tidak juga hilang, segera konsultasikan pada dokter anak.

 



Artikel Rekomendasi