10 Tanda Prasekolah Berkualitas

 

Sistem pendidikan di Indonesia telah berkembang sangat cepat pada dekade terakhir. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah sekolah dengan sistem dan metode belajar yang beragam. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya berdasarkan data tahun 2004/2005, terdapat sekitar 1847 pre-school.

Seiring dengan meningkatnya jumlah sekolah, maka para orang tua mempunyai pilihan lebih banyak. Tak pelak hal ini menimbulkan kebingungan tersendiri bagi para orang tua untuk menentukan pilihan di antara sekian banyak tawaran.
Para orang tua dituntut memahami betul apa yang terbaik untuk anak mereka. Berikut ini, 10 tanda prasekolah bagus, yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menentukan sekolah mana buat si balita.
  1. Balita menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain dan bekerja, secara berkelompok atau menggunakan alat Bantu.
  2. Balita melakukan kegiatan yang bervariasi dalam satu hari.
  3. Guru membimbing balita secara individual, kelompok kecil, dan seluruh balita di kelas dalam periode waktu yang berbeda satu harinya.
  4. Kelas didekorasi hasil karya dan proyek anak.
  5. Balita belajar angka dan huruf sesuai konteks kehidupan mereka sehari-hari.
  6. Balita mengerjakan suatu proyek, bukan Cuma mengisi work-sheet saja, dan puny awaktu cukup bermain dan mngeksplorasi.
  7. Balita memiliki kesempatan bermain di luar kelas atau udara bebas dengan aman setiap hari.
  8. Guru membacakan buku kepada balita, individual maupun kelompok.
  9. Pelajaran dan kegiatan disesuaikan dengan kemampuan anak, untuk anak maju dan untuk anak yang memrlukan bantuan.
  10. Balita dan orang tuanya menunggu-nunggu waktu bersekolah.



 



Artikel Rekomendasi