Bermain dalam Kelompok

 

Di usia 4 tahun, ketika masuk TK, kehidupan sosial anak mulai mengarah ke luar. Ini ditandai dengan tumbuhnya minat untuk bermain bersama teman.

Masa ini disebut tahap perkembangan bermain, yaitu bermain bersama teman dan terjadi interaksi ketika bermain. Memang di usia 4-5 tahun ini anak memasuki rentang bermain sosial (cooperative play). Kematangan bermain bersama teman bermain dengan kelompok ditandai dengan:
  • Senang mengundang teman bermain ke rumah.
  • Antusias menyambut teman yang mengajak bermain bersama.
  • Menyukai permainan-permainan yang dimainkan bersama.
  • Mulai menyukai kompetisi.
Permainan kelompok ini secara umum dibagi dua yaitu permainan tanpa aturan misalnya main rumah-rumahan, bersepeda bersama, memanjat pohon dan permianan dengan aturan, misalnya halma, petak umpet, ular tangga dan sebagainya.
 
Dalam permainan berkelompok ini, anak laki-laki umumnya menyukai permainan yang kompetitif seperti sepeda atau sepak bola, sementara anak perempuan menyukai permainan rumah-rumahan, sekolah-sekolahan dan sebagainya.
 
Apa sih manfaatnya bermain kelompok? Mereka bisa mengembangkan kepekaan terhadap kebutuhan orang lain, juga dapat mengendalikan kecenderungan untuk mendominasi, mengelola emosi, belajar mengendalikan diri dan membuka ruang pribadi dan pemikirannya pada orang lain.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more