Membantu Anak Saat Bermain

 

Jika anak lima tahun dan teman-teman berada dalam situasi permainan yang kurang tantangan, boleh saja Anda mengintervensi. Tambahkan detil permainan atau gunakan mainan-mainan berbeda, sehingga menjadi sesuatu yang baru bagi anak.

Semisal, memberikan roti maupun kue kering dan teh sungguhan saat bermain ibu-ibuan dalam imaginative games. Permainan-permainan yang dapat memperkaya imajinasi dan merangsang berpikir kreatif ini memang amat disukai anak-anak.

Tawarkan alternatif permainan-permainan yang dapat membuat anak tertarik. Tentu Anda perlu minta persetujuan teman-teman bermainnya. Anda dapat mengajak mereka melakukan creative games seperti menyusun balok dengan tingkat kesulitan lebih dari yang biasa ia lakukan. Misalnya, membangun menara tinggi dengan menempatkan suatu bentuk tertentu di ujungnya. Proses pembuatannya tentu butuh kesabaran dan ketelaten dalam tingkatan tertentu.

Socialization games juga dapat menjadi pilihan menarik. Anak lima tahun dan teman-teman sebayanya pasti senang bila bermain Tumpuk Tangan yang seru. Sekitar 5 - 10 anak duduk dalam lingkaran, lantas satu persatu meletakkan kepalan tangan kanan yang diletakkan di atas kepalan tangan teman lain, disusul menumpukkan kepalan tangan kiri. Setelah semua kepalan tangan tertumpuk, kepalan paling bawah berpindah ke atas dan seterusnya dengan gerakan perpindahan yang semakin cepat. Duh, seru dan ramainya!

 



Artikel Rekomendasi