Demam Tak Selalu Sebabkan Kejang

 

Setiap anak memiliki batas toleransi yang berbeda. Ada yang pada suhu 38,5º C sudah kejang, tapi ada pula anak yang baru kejang bila demamnya mencapai 40º C. Untuk itu, Anda sebagai orangtua disarankan untuk mencatat dan mengukur pada suhu berapa balita mulai mendapat serangan kejang.  

Bagaimana orang tua dapat mengetahui kalau kejang yang dialami buah hatinya adalah kejang demam dan bukan disebabkan oleh infeksi pada otak atau susunan saraf pusatnya?  Pada kejang demam, setelah kejang balita akan sadar kembali seperti biasa. Kecuali, kalau serangan kejangnya berlangsung cukup lama, misalnya 15 menit, anak mungkin akan kehilangan kesadarannya sebentar, atau mengantuk. Tidak jarang akan mengalami kelumpuhan sekitar 2 hari. Tapi setelah itu, akan sadar lagi.

Serangan kejang ini bisa dicegah agar tidak terjadi secara berulang dengan memberikan obat penurun demam dicampur obat untuk menghentikan kejang. Atau, disebut intermiten. Di sinilah pentingnya orang tua mengetahui, pada suhu berapa kejang mulai timbul, serta belajar untuk melakukan upaya penanganannya, bahkan pencegahannya.

Baca juga:
Cegah Kejang Demam Sederhana
Cara Tepat Hadapi Kejang Demam
Pencegahan Kejang Akibat Demam

 



Artikel Rekomendasi