Jika Bayi Usia 8-12 Bulan Main Peran

 

Main telepon-teleponan, membaca buku bareng, pura-pura membantu ibu, adalah permainan menarik bagi bayi di usia ini. "Halooo....disini dokter," ujar anak Anda

Bermain pura-pura, mengeksplorasi dan bermain dengan atau tanpa alat adalah jenis-jenis permainan yang bisa dimainkan anak di usia ini. Walaupun tetap memerlukan dorongan dari orang tua tapi bayi sudah mulai memahami objek mainan yang ada di depannya dan segala tingkah lakunya sudah mempunyai tujuan.

Di usia ini kita juga sudah mulai bisa terlibat dengan anak dalam sebuah permainan. Misalnya saja ketika kita bermain pura-pura naik mobil, anak bisa menjadi penumpangnya sedangkan ibu menjadi sopirnya. Sewaktu bermain dengan bola pun, bayi sudah mampu untuk mendorong bola kearah kita.

Anak juga mulai sadar keberadaan mainan di sekeliling dirinya. Contohnya ketika dia tidak melihat boneka beruang dihadapannya dia akan mencarinya ke tempat lain. Oleh karena itulah bayi di usia ini masih bisa diajak untuk bermain ciluk baa. Selain itu di usia ini, anak mampu untuk menemukan mainan yang kita sembunyikan darinya. Sungguh mengagumkan!..

Dengan membaca buku bareng, melihat gambar-gambar besar penuh warna di dalam buku, kita bisa bermain bersama bayi. Bayi akan begitu perhatian dan berminat mengamati gambar-gambar yang ada di dalam buku. Dia pun berusaha untuk membalik-balik halaman buku walau terkadang masih memerlukan bantuan dari orang tuanya.

Bayi suka menjatuhkan barang berulang-ulang ? Sebenarnya ini adalah caranya untuk mengeksplorasi benda atau mainan yang dia minati. Berikanlah mainan yang aman dan tidak pecah ketika dibanting.

Saat bayi mulai merangkak maka mengeksplorasi lingkungan sekitarnya merupakan kegemarannya. Sebagai orang tua kita bisa bermain bersama dengan permainan menangkap bola misalnya. Bermain mencari mainan yang tersembunyi bisa juga dilakukan untuk menunjang keinginannya bereksplorasi.

Untuk bayi yang mulai bisa mengucapkan 1 patah kata, bermain pura-pura telepon-teleponan adalah merupakan permainan untuk mengenalkan fungsi benda kepada bayi. Tanpa ragu dia akan mengangkat telepon-teleponannya dan mengucapkan kata “Halo” sambil tertawa-tawa. Permainan ini akan merangsang daya khayal dan imajinasinya.

Ingatlah selalu bahwa berbagai jenis mainan yang kita belikan untuk anak tidak akan berguna sama sekali tanpa keterlibatan aktif dari kita orang tuanya. Dengan bermain bersama anak, selain bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan mempererat hubungan sekaligus bisa juga menjadi ajang buat orang tua untuk memberikan contoh kepada anak bagaimana menggunakan dan melakukan sebuah permainan.

Yuk, jangan ragu-ragu bermain dengan anak Anda!

 



Artikel Rekomendasi