Temukan Sendiri Maknanya

 

Anak-anak balita akan lebih mudah mempelajari kata-kata baru jika mereka berhasil menemukan sendiri makna kata tersebut. Ini temuan riset yang dilakukan terhadap 100 anak usia 36-42 bulan oleh Meredith Brinster dari Johns Hopkins University, AS.

Brinster meneliti dua cara untuk mengajarkan kata-kata baru kepada anak balita. Pertama, dengan mengatakan kata baru tersebut kepada anak untuk dihapalkan. Cara kedua dengan memberi kesempatan si kecil mengalami atau menemukan sesuatu yang berkaitan dengan makna dari sebuah kata yang belum dikenalnya. Baru setelah itu, anak diberi tahu bahwa apa yang ditemukan atau dialami itu disebut dengan suatu istilah tertentu.

Dalam risetnya pada 2007 silam, Brinster awalnya menunjukkan gambar dari beberapa benda yang sudah dikenal dan benda yang belum pernah dilihat para sukarelawan ciliknya. Setelah itu, mereka dibiarkan bermain dengan kedua macam benda tersebut. Ketika para balita itu diminta mengidentifikasi nama benda-benda tersebut, mereka lebih mudah mengenal benda “baru” dengan memainkannya lebih dulu ketimbang hanya dengan ditunjukkan gambarnya.  

 



Artikel Rekomendasi