Balita bau mulut

 

Tanya: Apakah yang menyebabkan anak saya (2 tahun 3 bulan) bau mulutnya tidak sedap sepanjang hari saat dia demam? Gusi atasnya terlihat agak bengkak.

Jawab: Bau mulut tak sedap yang dialami anak Anda dapat disebabkan oleh berbagai proses yang terjadi di rongga mulut, hidung, atau organ di sekitarnya. Apabila gigi tidak dibersihkan dengan cara menyikat gigi secara teratur, sehabis makan, maka bakteri akan berkembang di sekitar gigi, gusi, dan lidah. Inilah penyebab utama timbulnya bau mulut. Selain itu, sisa makanan yang melekat pada gigi dan tidak dibersihkan dengan baik, juga dapat menimbulkan bau mulut sepanjang hari. Anak yang tak sedap bau mulutnya, biasanya sering bernapas melalui mulut. Kebiasaan ini menyebabkan rongga mulutnya kekeringan sehingga mempermudah pertumbuhan kuman di dalamnya.

Coba Anda perhatikan apakah balita sering bernapas melalui mulut? Anak yang memiliki kebiasaan bernapas melalui mulutnya, kemungkinan hidungnya tersumbat karena pilek, sinusitis, alergi, atau pembesaran tonsil sehingga menghambat aliran udara yang melewati saluran pernapasan. Kebiasaan anak mengisap jempol atau ujung selimut, juga dapat menyebabkan rongga mulutnya kekeringan dan bau mulut. Begitu juga dengan sisa-sisa makanan yang terjebak di dalam tonsil. Salah satu upaya yang untuk menghilangkan bau mulut tak sedap adalah dengan membiasakan anak gosok gigi dengan baik secara teratur.

dr. Hartono Gunardi, SpAK

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more