Balita Keracunan Makanan

 

Tanya: Apakah anak saya (4) keracunan makanan? Setelah makan di restoran dia pusing dan mual, sampai di rumah muntah 4 kali.

Jawab: Salah satu tanda keracunan makanan memang muntah-muntah selang beberapa waktu setelah mengonsumsi makanan tertentu, seperti yang dialami anak Anda. Penyebab keracunan makanan bisa bermacam-macam, di antaranya makanan tersebut mengandung senyawa beracun (toksin), atau makanan tercemar kuman penyakit. Misalnya, karena ada bakteri penyebab disentri atau ada bakteri Clostridium botulinum yang menghasilkan racun botulinum.

Untuk mengatasi keracunan makanan yang diketahui dengan cepat, Anda dapat mengupayakan untuk mengeluarkan makanan beracun dari dalam perut anak dengan membuat dia muntah. Caranya, dengan menyentuh langit-langit lunak dekat anak tekak. Atau, dengan memberinya susu untuk menetralkan racun sebelum Anda membawa anak ke dokter guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

dr. Sri S. Nasar, SpAK
    


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more