Balita Sulit Konsentrasi

 

T: Balita saya (15 bulan) tampaknya hanya tertarik sebentar terhadap benda di sekitarnya. Ketika bermain, ia hanya sebentar memegang atau memainkan sebuah mainannya. Tak lama ia pasti sudah mencari objek mainan lainnya. Apakah berati ia tak bisa berkosentrasi?

J: Anak usia usia batita (di bawah 3 tahun) memang mudah tertarik pada hal-hal yang ada di lingkungannya, terutama sesuatu yang baru. Rasa ingin tahu dipuaskan batita dengan cara mengeksplorasinya, misalnya dipegang, diremas, digigit, dilempar dan diambil kembali. Di usia ini kemampuan balita untuk mempertahankan atensi memang relatif pendek. Agar lebih panjang rentang perhatiannya, Anda dapat melatihnya dengan menumbuhkan suasana yang membuat anak merasa aman untuk melakukan eksplorasi dan membimbingnya agar bertahan lebih alam pada aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya, berceritalah tentang benda yang dipegangnya dan libatkan ia dalam aktivitas tersebut.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more