Balita Tiga Tahun Jalan Jinjit

 

Tanya: Balita saya berusia 3 tahun tapi jalannya masih jinjit. Padahal kakinya tidak datar, dan bisa berjalan normal tapi jinjit, sampai-sampai kaki bagian depan melebar. Ketika bayi juga tidak pernah menggunakan alat bantu jalan. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Jawab: Keluhan seperti ini banyak dialami orang tua yang memiliki balita yang mulai belajar berjalan. Usia berjalan pada anak pun bervariasi antara usia 11-18  bulan. Pada prinsipnya harus dipastikan dulu ada tidaknya kelainan seperti gangguan syaraf atau kelainan otot. Penggunaan baby walker yang berlebihan juga dapat menyebabkan hal ini, karena anak menjadi terbiasa berjalan dengan cara mengayuh. Bila sudah dipastikan tidak ada kelainan tersebut, orang tua bisa mengonsultasikan masalah balita ini ke klinik tumbuh kembang dan rehabilitasi medik/fisioterapi untuk dilakukan stretching dan latihan-latihan supaya bisa berjalan normal.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more