Gatal-Gatal Di Leher

 

Tanya: Anak saya 11 bulan mengalami gatal-gatal disekitar leher. Gatal ini menyebabkan kemerahan dan warna kulit jadi berubah kehitaman. Selama ini hanya saya beri baby cream dan bedak tapi juga belum mereda. Rasa gatal menjadi jadi bila dia berkeringat. Bagaimana mengatasi hal ini, dokter?

Jawab: Kemungkinan gatal2 di leher merupakan biang keringat., yang biasanya timbul pada daerah yang lembab dan berkeringat, misalnya leher dan pungung. Pengobatannya dengan menghindari panas dan lembab yang berlebihan, dimandikan secara teratur, minimal 2 kali sehari. Badan dilap terlebih dahulu dengan menggunakan handuk lembut, kemudian diberi bedak tabur atau bedak kocok. Jangan menggunakan bedak pada kulit yang masih basah karena akan terbentuk gumpalan yang dapat mengiritasi kulit. Pakai baju yang terbuat dari bahan yang tidak tebal dan mudah menyerap keringat. Baju harus sering diganti. Yang terpenting jaga sirkulasi udara tetap mengalir dengan baik, sehingga keringat berkurang dan gatal juga berkurang. Bekas hitam dapat dihilangkan dengan pemberian salp/ krim tertentu setiap habis mandi sesuai anjuran dokter.

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes
RS Mitra Keluarga Bekasi

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more