Gigi Balita Gigis

 

Tanya: Mengapa pertumbuhan gigi balita saya (28 bulan) tidak rata dan terkesan gigis? Zat gizi apa yang perlu diperhatikan supaya giginya bisa bagus?

Jawab: Sebenarnya, cikal bakal pertumbuhan gigi sudah terbentuk sejak masa janin, sehingga makanan ibu sangat memengaruhi komponen jaringan gigi anaknya. Salah satu zat gizi yang berperan penting dalam hal ini adalah fluor (F).

Fluor berperan dalam pembentukan email gigi dan membuat struktur gigi lebih kuat, serta mengurangi kemampuan bakteri di dalam plak untuk memecah gula dan karbohidrat yang berasal dari makanan menjadi asam.

Serangan asam yang berulang-ulang akan merusak gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Di sini fluor juga berfungsi merangsang pembentukan mineral yang akan menghentikan proses terjadinya gigi berlubang.

Untuk saat ini, Anda dapat memberinya suplementasi fluor, misalnya Vinafluor® yang diberikan satu kali sehari. Walau gigi balita saat ini masih merupakan gigi susu yang nantinya akan menjadi gigi tetap, gigi tersebut tetap perlu dijaga kebersihannya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more