Hidrokel Testis Pada Balita

 

T: Berdasarkan pemeriksaan USG, anak saya (15 bulan) didiagnosa mengalami hidrokel di kedua testisnya. Mengapa terjadi hidrokel testis? Benarkah hidrokel bisa dipantau terus sampai bayi usia 2 tahun?   

J: Hidrokel testis adalah pengumpulan cairan rongga perut (peritoneum) di dalam selaput testis. Cairan ini masuk ke dalam selaput testis kerena saluran yang dilalui testis untuk turun dari daerah ginjal ke kantung kemaluan yang seharusnya sudah menutup saat lahir, tidak menutup sempurna.

Keadaan ini tidak berbahaya. Umumnya, hidrokel dapat mengecil sendiri karena penyerapan pembuluh darah yang meliputi testis. Biasanya, hidrokel memang dipantau atau ditunggu sampai anak berusia 2 tahun. Bila tidak mengecil atau malah makin membesar, maka harus dioperasi untuk menghilangkan cairan tersebut. Bila hidrokel tak mengecil sampai anak berusia 2 tahun, perlu tindakan operasi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more