Mengikutsertakan Balita Kursus

 

Tanya: Saya ingin mengikutserkan balita saya (4 th) kursus balet. Bolehkah usia prasekolah diikutsertakan kursus dan kursus apa yang baik untuk diberikan?

Jawab: Untuk tambahan kursus, kembali lagi ke tujuannya. Kursus-kursus yang bersifat akademis seperti calistung belum perlu diberikan untuk anak usia prasekolah, karena berdasar tahapan perkembangannya mereka belum memerlukan hal tersebut. Apalagi bila anak menjadi kelelahan dengan mengikuti berbagai kursus tentu tujuan kursusnya tidak tercapai. Jadi memang perlu melihat kemampuan dan minat anak. Kalau anak memang tertarik sekali dengan kursus tersebut, misalnya menyanyi, bermain musik, atau melukis maka boleh dilakukan. Ada juga anak yang memiliki energi yang besar sehingga memerlukan banyak kegiatan sehingga perlu mengikuti klub olahraga, seperti renang, bola, atau basket. Yang perlu diingat anak usia prasekolah dan TK juga butuh bermain bebas, bahkan dengan bermain bebas anak dapat bereksplorasi dan belajar hal baru.


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more