Perlu Tidaknya Obat Cacing

 

Tanya: Sejak lahir sampai sekarang, perut kedua anak kembar saya  (berat  lahir 1100 gram dan 1050 gram) buncit. Usia mereka sekarang 3 tahun. Apakah kondisi tersebut menandakan perut mereka bermasalah? Apakah mereka cacingan?  Benarkah anak harus diberi obat cacing 2 kali dalam setahun?  

Jawab: Perut membuncit tidak berarti cacingan. Perut anak-anak memang cenderung besar karena mereka lebih dominan menggunakan otot perut saat bernapas. Seiring bertambahnya umur, peran otot perut tersebut akan diambil alih oleh otot dada.  

Obat cacing boleh diberikan pada anak yang sudah berusia lebih dari 2 tahun setiap 6 bulan (secara rutin), misalnya setiap bulan Januari dan Juli. Alasannya antara lain karena kita sulit mengawasi anak   untuk tidak memasukkan tangan yang kotor selama 24 jam.  Semoga anak kembar Ibu terhindar dari infeksi cacing.

dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more