Susu Kedelai Sebagai Obat Alergi

 

Tanya: Saya adalah ibu dari 4 orang anak, anak saya yang ke-3 lahir kembar laki-laki semua. Permasalahannya adalah anak kembar saya menderita alergi. Oleh dokter disarankan untuk mengkonsumsi susu soya. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah alergi pada anak saya dapat disembuhkan?

Jawab: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai tidak mencegah berkembangnya alergi pada anak-anak. Susu kedelai hanya digunakan sebagai susu alternatif pada anak yang betul-betul alergi terhadap susu sapi. Sekitar 15-50% anak-anak yang alergi susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai. Meskipun terdapat banyak pengobatan yang efektif, namun saat ini belum ada obat yang dapat menghilangkan alergi. Oleh karena itu lebih baik adalah mencegah alergi. Cara terbaik mencegah alergi adalah dengan memberikan ASI eksklusif selama sekurang-kurangnya 6 bulan. Menunda pemberian makanan padat terutama makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi, misalnya susu sapi, telur, kacang-kacangan, daging, makanan laut sampai usia bayi lebih dari 6 bulan. Usahakan menghindari asap rokok dan debu rumah dalam kamar tidur atau tempat bermain, dengan cara selalu membersihkan tempat tidur, tempat bermain, lemari, rak buku. Hindari penggunaan kasur, bantal, guling yang dibuat dari kapuk. Gorden, seprei selalu dalam keadaan bersih. Hindari bermain boneka atau mainan yang terbuat dari bulu. Hindari pemakaian karpet di rumah. Tidak memelihara hewan dalam rumah.

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes
RS Mitra Keluarga Bekasi

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more