Tanda Balita Cacingan

 

Tanya: Sudah seminggu ini anak saya (14 bln) malas makan, perutnya buncit, serta fesesnya berbau. Dia juga masih demam. Apakah itu termasuk ciri anak cacingan?  

Jawab: Sayang sekali Ibu tidak menjelaskan secara rinci berapa berat badannya, sudah berapa lama demamnya, bagaimana dengan pola buang air besarnya, dan apakah mencret atau justru sulit buang air besarnya? Lalu, apakah ada warna kuning di matanya, atau apakah air kencingnya berwarna cokelat? Hal ini penting untuk memperkirakan kemungkinan diagnosis penyakit si kecil.

Demam pada anak Ibu bisa disebabkan aktivitas yang meningkat, kurang minum, atau mungkin ada proses infeksi di dalam tubuhnya. Malas makan bisa bermacam-macam penyebabnya, belum tentu faktor organik atau penyakit di dalam tubuhnya. Faktor psikologis pun sering berperan pada seorang anak. Perut yang kelihatan membuncit bisa disebabkan adanya pembesaran organ di perut, seperti hati, limpa, tumor, cairan perut yang bertambah dan lain-lain. Feses yang berbau, khususnya yang berbau busuk, sering  disebabkan oleh proses infeksi di saluran cerna seperti penyakit disentri.

Sangat mungkin saat ini anak Ibu sedang menderita suatu penyakit infeksi, mengingat ada demam. Namun belum bisa diperkirakan apa penyebab infeksinya atau di mana proses infeksi tersebut berlangsung, mengingat data yang ada sangat minim. Kemungkinan penyakit infeksi seperti Demam Tifoid, Hepatitis atau bahkan Infeksi Virus belum bisa disingkirkan. Penyakit cacingan pada anak Ibu juga masih mungkin, walaupun data yang ada, kecuali perut yang buncit, tidak mengarah ke sana. Saran saya, lebih baik Ibu bawa si kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, agar lebih jelas diagnosisnya, dan dapat segera diobati dengan lebih tepat.

dr. Ari Prayitno, SpA



 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more