Tanya – Jawab: Balita Memaksakan Kehendak

 

T: Balita saya (3 tahun) susah diatur. Bila ingin sesuatu mesti dipenuhi saat itu juga. Belakangan bila marah, dia berani memukuli saya. Saya bingung harus bagaimana. Haruskah saya ikut marah dan menghukumnya?

J: Di usia 3 tahun anak memasuki tahap ‘terrible’ (sulit). Beberapa anak bahkan memulainya di usia 2 tahun. Saat ini balita Anda berada pada masa negativistik. Artinya, dia akan selalu mengatakan “tidak” terhadap perintah apapun. Balita juga masih berada pada fase egosentris, ketika sudut pandang utama adalah dirinya, dan sulit menerima bahwa orang lain memiliki pandangan berbeda. Hal ini normal terjadi sesuai tahap perkembangannya.

Sejalan dengan semakin terampil kekuatan motoriknya, ia tampak lebih mandiri  karena berjalan tanpa dibantu bahkan bisa berlari. Balita usia tiga tahun juga semakin meningkat keterampilannya berbahasa dengan mampu merangkai kata untuk mengungkapkan keinginannya. Ia akan menggunakan kedua keterampilan ini untuk memperoleh sesuatu. Misalnya meminta sesuatu dengan berteriak dan memukul.

Yang harus dilakukan adalah mulailah memberi bimbingan melalui aturan yang diperkenalkan secara jelas dan dilaksanakan  konsisten.
  • Jangan turuti keinginan balita saat ia meminta dengan berteriak-teriak dan mengamuk. Saat balita memahami bahwa aksinya tidak efektif, ia akan menghentikan dan mencoba mencari cara baru.
  • Saat balita telah tenang, ajak dia bicara. Jelaskan bahwa caranya salah dan tidak efektif. Misalnya, ia dapat meminta sesuatu dengan baik dan bukan dengan berteriak, menangis, atau bahkan memukul ibu.
  • Terapkan aturan dengan konsisten. Puji anak setiap kali ia berperilaku baik dan sesuai aturan. Balita akan mengulang perilaku yang mendapat reaksi positif. Sejalan dengan pertambahan usia, yang akan membawa peningkatan dalam pemahaman dan sikap, anak dapat mengutarakan keinginannya dengan cara lebih baik dan dapat mulai mengontrol emosinya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more