Tanya – Jawab Balita: Menolak ke TPA

 

T: Saya ibu bekerja, memasukkan anak laki-laki saya (23 bulan) ke Tempat Penitipan Anak (TPA) karena pengasuhnya berhenti. Belakangan ini, ia menolak ke TPA, susah makan dan nafsu makannya menurun. Apa sebabnya?

J: Mungkin banyak sebabnya. Misalnya, tidak mau kehilangan ibu yang pergi bekerja, sakit, lapar, tidak diperhatikan pengasuhnya, atau mungkin dikasari pengasuh di TPA, atau anak lain.

Masalah nafsu makan berkurang sepertinya lebih karena anak Anda merasa tidak nyaman. Anda bisa menyelidiki keadaan TPA saat jam penitipan berlangsung dengan mengamati langsung hal-hal berikut:
  1. Rasio pengasuh dan jumlah anak yang diasuh. Manusiawi jika begitu banyak anak yang musti diasuh, kemudian membuat si pengasuh lelah dan tak sabar.
  2. Lingkungan TPA. Apakah penerangannya cukup, sirkulasi udara baik, kebersihan dan keamanan terjamin (tidak ada ujung meja yang bisa melukai anak, terlindung dari bahan yang membahayakan kulit anak), mainan, makanan dan minuman (jika disediakan) yang memadai?

Komunikasikan masalah anak Anda pada pengurus TPA. Diskusikan jalan keluar masalah yang dihadapi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more