Tanya Jawab Balita: Obat Asma

 

Tanya: Anak saya yang kini berumur 2 tahun 5 bulan, dinyatakan dokter mengidap penyakit asma. Sejak kecil, anak saya sering mengeluarkan lendir/dahak dan apabila dahak sudah keluar, dia merasa lega. Yang saya tanyakan apakah seringnya dia mengeluarkan dahak (apalagi saat batuk), dapat dianggap sebagai penyebab asma? Benarkah asma penyakit keturunan? Terimakasih.


Jawab: Asma biasanya ditandai dengan batuk episodic/ berulang, kebanyakan malam hari, dapat sembuh dengan pemakaian obat asma, dan adanya riwayat atopi dalam keluarga (lebih terutama riwayat asma dari ayah atau ibunya) sehingga mengakibatkan saluran pernapasan menyempit (terdengar bunyi ngik-ngik), berlendir banyak.

Bila banyak lender maka tubuh mempunyai mekanisme pertahanan berupa batuk. Pada orang dewasa atau anak besar selain batuk juga dapat mengeluarkan lendir dengan meludah namun pada anak kecil lebih banyak dimuntahkan.

Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC dari RS St. Carolus Jakarta
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more