Tanya Jawab: Hanya Mau Tahu dan Wortel

 

Tanya:

Anak saya, 12 bulan, berat badannya 11,5 kg dan tingginya 73 cm. Selama ini anak saya minum susu soya dan hanya mau makan dengan tahu dan wortel, karena alergi susu sapi. Saya khawatir dengan pertumbuhannya, karena tinggi badannya naik hanya 1 cm setiap bulan.  Apakah itu normal?

Jawab:


Ibu Astrid yang baik, sayang Anda tidak mencantumkan jenis kelamin, berat serta panjang saat bayi Anda lahir. Namun, baik berat dan panjang anak Anda masih dalam kisaran nilai normal. 

Panjang badan anak hingga usia 1 tahun akan bertambah sekitar 25 cm dari panjang lahirnya.  Selanjutnya, pertambahannya hanya sekitar 6 cm per tahun.  Berdasarkan berat dan panjang badan anak Anda, terkesan berlebih. 

Pada anak dengan alergi susu sapi, dapat diberikan susu soya yang tidak kalah kandungan nutrisinya dari susu sapi.  Namun, hendaknya anak diberi pula nutrisi yang lengkap dari makanan yang bervariasi. Oleh karena itu, si kecil perlu diperkenalkan berbagai makanan. Tujuan pemberian makanan bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan zat gizinya saja, tetapi juga mengajari anak makan, termasuk mengenal rasa.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more