Tanya - Jawab: Tangan dan Kaki Kaku

 

T: Anak saya baru lancar berjalan pada usia 16 bulan. Pada waktu ia mulai berjalan, terlihat tangan kirinya agak kaku, kurang aktif dan sesekali mengepal. Ia jarang sekali mau memegang barang dengan tangan kirinya. Bahkan, sepertinya lutut kirinya pun agak sulit ditekuk. Apa yang terjadi dengan anak saya?

J: Banyak hal yang menyebabkan perbedaan pencapaian kemampuan gerakan motorik pada anak-anak. Misalnya, karena faktor keturunan, kurangnya kecepatan gerak, situasi lingkungan yang dialami, atau akibat suatu penyakit.

Mengenai anak Anda, seharusnya ia tidak memperlihatkan tangan yang mengepal, kaku, atau sulit menggerakkan sendi-sendi, apalagi terjadi pada separuh anggota tubuh saja. Kalau hal ini berlanjut, dikhawatirkan anak Anda menderita kelumpuhan anggota gerak bagian kiri. Jadi, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter saraf atau dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more