Tanya-Jawab: Amankah Penguapan (Nebulisasi)?

 

Tanya: Anak saya 1 tahun 2 bulan, beberapa waktu lalu terkena batuk pilek disertai demam. Dokter menyarankan agar diuap, supaya dahaknya keluar. Adakah efek samping penguapan?

Jawab:
Istilah ‘diuap’ atau penguapan yang dikenal awam adalah tindakan yang dalam terminologi medis disebut nebulisasi. Yakni pemberian obat ke saluran pernafasan yang dihirup menggunakan alat yang disebut nebulizer. Untuk pengobatan penyakit pernafasan tertentu, terutama penyakit asma, metode ini dinilai para ahli lebih efektif. Karena, obat yang diberikan bisa langsung menuju sasaran, yaitu saluran pernafasan. Sehingga jalannya obat yang beredar ke seluruh tubuh juga sangat sedikit dan efek samping obat pun berkurang.

Dengan kata lain, bila indikasinya tepat seperti mengatasi serangan asma, maka metode ini aman dan efektif. Namun, tidak semua batuk dan pilek memerlukan tindakan ini, apalagi bila dokter mensyaratkan untuk melakukannya beberapa hari berturut-turut.

Jika batuk anak Anda merupakan gejala asma, maka tindakan nebulisasi bisa dikerjakan. Sebagian besar kasus batuk pilek adalah karena infeksi virus, sehingga untuk mengatasi banyaknya lendir atau dahak, adalah memberi minum yang banyak.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more