Tanya-Jawab Balita: Cemas Terkena Leukimia

 

Tanya: Anak saya sudah berumur 18 bulan. Bulan lalu harusnya imunisasi polio tapi tidak terlaksana karena sakit dan sampai saat ini masih flu dan batuk. Menurut dokter, tidak boleh imunisasi jika dalam kondisi sakit.

Karena panasnya tinggi saya bawa ke dokter Tumbuh Kembang Cimanggis dan harus tes darah karena saya takut DBD. Hasilnya tidak terkena DBD. Tapi yang membuat saya kaget adalah hemaglobinnya dibawah normal 9.9. Terus terang saya pun sering mengalami hemaglobin dibawah normal sejak SMP. Apakah hemoglobin dibawah normal bisa menyebabkan penyakit leukimia?

Jawab: Ibu yang sedang cemas, penyakit leukemia bukan hanya dilihat dari hemoglobin tetapi masih banyak hal antara lain demam berkepanjangan, perdarahan dan adanya pembesaran organ tubuh seperti kelenjar getah bening, hati dan limpa. Biasanya Hb-nya juga rendah sekali sampai dibawah 6 g/dL. Kebanyakan anak Indonesia menderita anemia defisiensi zat besi akibat asupan makanan yang kurang mengandung zat besi, dan akibat infestasi parasit seperti cacing.

dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC dari RS St. Carolus Jakarta 

 



Artikel Rekomendasi