Tanya-Jawab: Balita Sembelit

 

Tanya: Anak saya (23 bulan) tidak BAB setiap hari. Kadang-kadang 2 hari bahkan pernah 3 hari baru BAB. Dia masih mendapat ASI, selalu makan buah dan sayur.

Jawab: Agaknya balita mengalami sembelit atau konstipasi, yaitu ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna. Biasanya ditandai dengan frekuensi BAB kurang dari 3 kali seminggu, dikombinasi dengan gejala keluarnya tinja yang keras dan besar, nyeri saat BAB dengan atau tanpa disertai kecipirit (enkoperesis). Sangat dianjurkan pemberian cairan yang cukup, sekitar 1 liter sehari. Juga sayuran dan buah-buahan, seperti pepaya, jeruk, avokad dan melon, dalam jumlah cukup. Hindari pisang dan apel. Selain memberikan air putih ekstra sekitar 10-15 ml setiap 4 jam untuk membantu melancarkan BAB-nya, lakukanlah massage di perut dengan baby oil  secara rutin 15 kali sehari. Arahnya, dari kanan bawah ke kanan atas dilanjutkan ke kiri atas lalu ke kiri bawah. Bila masih terdapat kesulitan BAB, ajak anak ke dokter anak untuk mendapatkan obat pencahar yang aman.

Fakta Tentang Bayi Sembelit


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more