Tanya-jawab: Mengenalkan Bahasa Kedua Kepada Anak

 

Tanya: Sejak bayi, anak pertama saya (sekarang 4th) kami bekali dengan bahasa inggris. Saat dia mulai belajar membaca di sekolah regular dia menjadi lambat karena binggung antara membaca lafal ABC (Indonesia) dan Ei Bi Ci (Inggris). Takut kejadian seperti itu lagi, akhirnya kubiarkan anak kedua saya belajar Bahasa Indonesia dulu baru mengenal bahasa Inggris. Bagaimana cara tepat mengenalkan bahasa kedua kepada anak?

Jawab: Memang untuk mengenalkan bahasa kedua sebaiknya anak-anak sudah menguasai bahasa ibunya dulu dengan baik supaya tidak terjadi kebingungan bahasa. Biasanya memang anak-anak yang belajar membaca dengan dua bahasa secara bersamaan mengalami kebingungan pada awalnya. Tetapi biasanya bisa dikejar jika mengajarkan membaca dengan satu bahasa dulu secara konsisten. Begitu dia bisa, kemampuan membaca bahasa keduanya akan segera menyusul.




 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more