Tanya-Jawab: Operasi Tonsilitis

 

Tanya: Balita saya (2,5 tahun) menderita tonsilitis disertai demam, sesak dan batuk. Sudah diterapi, tetapi ukuran amandelnya tetap besar dan sering kambuh. Haruskah operasi?  

Jawab: Tonsilitis adalah infeksi pada tonsil atau amandel akibat bakteri dan virus. Terapi yang dapat diberikan pada saat serangan akut adalah mengatasi demam dan nyeri, pemberian cairan dan kalori yang cukup, serta pemberian antibiotik bila penyebabnya adalah bakteri.  Tindakan operasi atau tonsilektomi biasanya dilakukan pada beberapa keadaan. Misalnya, telah terjadi pembengkakan tonsil yang sangat bermakna sehingga menyebabkan sumbatan saluran napas atau gangguan tidur, atau adanya abses peritonsil yaitu suatu rongga yang berisi nanah di luar kapsul atau selubung tonsil.  
Tindakan tonsilektomi akan dipertimbangkan untuk beberapa keadaan seperti terjadinya tonsilitis berulang. Maksudnya, ada 7 episode atau kebih dalam 1 tahun terakhir, atau 5 episode atau lebih setiap tahun dalam 2 tahun terakhir berturut-turut, atau 3 episode atau lebih setiap tahun dalam 3 tahun terakhir. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis THT tentang keadaan balita Anda.


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more