Tanya-Jawab: Trauma Mandi

 

Tanya: Salsa (2 th) sekarang takut mandi,. Gara-garanya adik saya memanadikannya dengan mengguyurkan air. Ia kaget dan menangis. Apakah Salsa mengalami trauma? Bagaimana agar dia mau mandi lagi?

Jawab:
Saya tidak baisa mengatakan Salsa telah mengalami trauma, karena saya tidak mengetahui beratapa parahnya traumatic event yang terjadi dan reaksi anak setelah mengalaminya. Dari cerita Anda, saya menduga Salsa telah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dan menakutkan. Ketakutannya terhadap air muncul dari proses ‘belajar.’ Salsa berpikir bahwa dia diguyur air karena main air/mandi (bukan karena teralu lama di kamar mandi). Pelajaran ini melekat dalam pikirannya, yang membuatnya menjauhi air/tidak mau mandi, agar tidak kena guyur lagi.
Untuk menghilangkan rasa takutnya, Anda harus mengajari kembali pada anak bahwa air itu tidak menakutkan. Gunakan step-by-step pengenalan air, mulai dari gunanya air untuk kehidupan, asyiknya bermain di kolam renang, sampai suasaan mandi yang menyenangkan. Selanjutnya, jelaskan juga keuntungan mandi.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more