Tubuh Balita Banyak Benjolan Kelenjar

 

Tanya: Benjolan kelenjar di tubuh anak saya (19 bulan) banyak sekali. Berat badan saat ini 10,5 kg. Hasil tes darahnya normal, kecuali test laju endap darah (LED) yang tinggi dan hasil Rongten menyatakan bercak tidak jelas. Apa yang terjadi dengannya?   
 
Jawab: Berat badan optimal anak 19 bulan adalah 11 kg. Benjolan terletak di mana? Apakah di kepala bagian belakang atau leher? Ada beberapa penyebab, dua di antaranya adalah lemak (disebut lipoma) atau kelenjar getah bening (KGB) yang membesar sehingga teraba. Jika di kepala bagian belakang maka kemungkinan lipoma, dan jika di leher sisi kanan atau kiri kemungkinan KGB.

Pembesaran KGB leher, paling sering akibat radang tenggorokan berulang. Pada anak dengan riwayat alergi dalam keluarga atau si anak sendiri, KGB di daerah leher juga dapat membesar. Nilai LED yang meningkat secara umum menggambarkan adanya radang yang dapat disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah penyakit tuberkulosis (TB), bisa dibuktikan lewat pemeriksaan Mantoux test. Ada pemeriksaan lain yang lebih langsung, yaitu biopsi terhadap benjolan yang ada dengan menggunakan jarum, yang disebut biopsi jarum halus (fine needle biopsy). Pemeriksaan ini dapat dilakukan di Bagian Patologi Anatomik rumah sakit terdekat.
dr. Darmawan BS, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more