Teman Tidak Tahu Aturan

 

Masuk rumah tanpa permisi, nyelonong saja ke kamar pemilik rumah, hobinya menggeledah rumah atau isi tas, atau tidak pernah mengucap terima kasih bila Anda memberinya makanan atau sesuatu. Anda tentu super cemas anak Anda akan ‘tertular’ tidak punya manners, bukan?  

Lakukan ini:
  • Bahas sikap teman balita itu seusai ia bermain atau pada waktu lain yang lebih leluasa. Gunakan cerita sebagai pengantar sehingga Anda tak perlu langsung menghakimi dengan bilang, “Temanmu tadi tidak sopan, ya?” karena buat si 3-4 tahun, teman adalah segalanya. Masukkan ajaran tata krama dan perilaku yang seharusnya dengan bahasa sederhana yang dipahami anak.  
  • Larang anak bila ia ikut-ikutan berperilaku seperti teman tersebut. Katakan dengan jelas bahwa hal itu tidak baik dan dapat mengganggu orang lain. Berikan contoh bagaimana sebaiknya bersikap. Memberitahu hal baik di depan teman balita disarankan, karena Anda sekaligus mendidik dua anak.
  • Tegur teman yang berperilaku tidak sopan –dengan seijin orangtuanya. Bicarakan perilaku ini dengan orangtua teman si kecil bila Anda sudah sangat mengenal mereka. Lakukan dialog dengan bijaksana, agar orangtua teman tidak merasa ‘diceramahi’ oleh Anda. (me)
Baca juga:
Pilih Teman Untuk Balita
Ajarkan Balita Mandiri dan Sopan Santun
Agar Balita Tahu Tata Krama
Kiat Sopan Saat Balita Bermain
Kiat Agar Anak Santun Saat Bertamu

 



Artikel Rekomendasi