Tempat Anak Perlu Beradaptasi

 

Anak perlu beradaptasi tak hanya dengan anggota keluarga di dalam rumah. Tapi, di luar rumah, anak pun perlu bersosialisasi. Kemana dan dengan siapa?
  • Rumah tetangga. Langkah awal membantu anak mengenal lingkungan di luar rumahnya. Ajak anak mengunjungi tetangga, terutama rumah yang memiliki anakbalita. Tidak hanya bertemu dengan teman sebaya, anak juga bertemu orang dewasa lain.
  • Rumah kerabat. Ajak anak mengunjungi kerabat, seperti saat arisan keluarga. Selain mengenal anggota keluarga besar, kesempatan itu bisa digunakan untuk mempersiapkan anak bertemu banyak orang. Bila anak mulai beradaptasi, tidak ada salahnya Anda ajak dia menginap di rumah kerabat.
  • Rumah sakit merupakan tempat yang wajib dikunjungi bersama anak. Ada saja alasan Anda mengajak anak ke rumah sakit, baik untuk berobat atau imunisasi. Berikan pengalaman menyenangkan saat di rumah sakit agar anak mempunyai kesan positif saat berada di sana.
  • Playground atau tempat umum lain membantu anak mengenal  lingkungan yang berbeda-beda dan situasi yang ramai. Namun perhatikan agar anak tak sampai kelelahan.
Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi