Canggihnya Gerakan Jari Bayi

 

Jangan anggap remeh peran jari bayi yang baru lahir. Jari jemari bayi yang nampak tak berdaya itu ternyata berperan luar biasa. Bayi menyerap beraneka informasi dalam upayanya mengenal dunia.

Berikut ini beberapa kegiatan menggunakan jemari yang seharusnya bisa dilakukan bayi:
  • Menggenggam. Refleks pertama bayi baru lahir dan cara belajar paling canggih. Dengan ujung-ujung saraf sensitif pada jemari dan telapak tangan, bayi menyerap kehangatan jemari Anda, dan merasakan beragam tekstur.
  • Meraba. Bayi usia 3–4 bulan semakin aktif. Apa pun yang ada didekatkan jadi objek yang dipelajarinya. Dengan telapak tangannya, bayi meraba beragam permukaan, dan mengenal ruang.
  • Memegang. Sejak usia 5–6 bulan, bayi mulai senang memegang benda-benda: mainan balok susun, boneka berbulu, mobil mainan dan lainnya. Dari sini, ia kenal  bentuk, ragam volume, dan  keras-lunaknya beragam material.
  • Menjepit. Di atas usia 6 bulan,keterampilan tangan yang makin meningkat mendorong anak suka menjumput kertas tipis, mengupas pisang, memetik bunga, dan menjepit benang.
Memang gerakan jemari bayi tersebut terkesan sederhana, tapi fungsinya sangat mendukung tumbuh kembang bayi berikutnya. Bagaimana dengan bayi Anda?


 



Artikel Rekomendasi