Langkah-langkah dan Tips Memijat Bayi dan Balita

 

Bukan hanya Anda yang senang dipijat setelah seharian bekerja. Bayi dan balita pun senang dipijat setelah seharian bermain. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dan tips tepat agar manfaat pijat didapat anak.

Pijat yang dilakukan dengan tepat tentu membuat tubuh kita nyaman. Buat anak, manfaatnya sangat banyak. Momen pemijatan itu sendiri akan menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi Anda dan anak. Jangan heran kalau setelah Anda mencoba melakukannya sekali saja, kesempatan berikutnya pasti akan selalu dinantikan anak. 

Manfaat pijat untuk bayi dan balita. Setiap saat Anda melakukan pemijatan, Anda akan melihat wajah anak menikmati pijatan lembut Anda. Tak jarang, sebagai tanda terima kasihnya pada Anda, bayi akan memamerkan suara dan senyumnya, sambil menatap Anda dengan mata jernihnya. Kalau sudah begini, bukankah jalinan cinta yang manis antara Anda dan buah hati akan semakin kuat terbina?

Pijat sejak baru lahir. Ternyata, tak lama setelah bayi dilahirkan. Hanya ada beberapa perbedaan memijat bayi baru lahir dengan bayi yang lebih besar, yaitu antara lain tekanan saat memijat bayi baru lahir lebih lembut dibandingkan bayi yang sudah besar. Bahkan memijat bayi yang baru lahir, lebih mirip dengan mengelus tetapi dengan lebih erat. Lama atau durasi pijat bayi yang lebih besar juga lebih lama. Waktu ideal melakukan pemijatan adalah pagi hari sebelum si kecil mandi, serta malam hari sebelum ia tidur.
 
Langkah-langkah persiapan dan pijat bayi dan balita:
  • Niatkan sebelum memijat. Ini artinya, sediakan waktu khusus untuk memijat, bukan waktu sambil lalu di sela waktu Anda yang sempit atau saat Anda tergesa-gesa. Bayi dapat ikut merasakan ketegangan Anda! Bagaimanapun sentuhan meneruskan energi, emosi dan perasaan.
  • Pilih ruangan yang bersih, terang dan hangat, dengan sirkulasi udara yang lancar.
  • Perhatikan kebersihan kedua tangan Anda. Cuci bersih sebelum memijat bayi, dan lepas cincin Anda.
  • Gunakan baby oil atau minyak pijat khusus bayi (kini tersedia di toko swalayan atau apotik tertentu, biasanya produk impor, merupakan campuran beberapa minyak esensial yang aman untuk kulit bayi). Minyak memudahkan gerakan tangan Anda, tanpa meninggalkan goresan. Keharuman baby oil maupun minyak pijat berbahan minyak esensial, memberikan rasa nyaman pada bayi dan balita.
  • Fleksibel. Pemijatan idealnya dimulai dari bagian kaki lalu naik hingga wajah. Tetapi, Anda juga tak perlu sekaku itu. Ikuti saja keinginan si kecil. Anda pun tidak perlu frustasi seandainya belum berhasil memijat secara sempurna seluruh tubuhnya.
  • Selesai memijat, bersihkan tubuh anak. Siapkan handuk kering yang bersih. Bisa juga membasuh tubuh bayi dan balita dengan waslap hangat. Segera kenakan anak baju yang bersih. 
Ingat selalu:
  • Hindari memijat bayi sesaat setelah ia selesai minum atau makan.
  • Hindari memijatnya saat sedang mengantuk atau waktu ia tidur.
  • Hindari memijat anak saat ia demam atau tidak enak badan.
  • Hindari paksaan. Kalau si kecil sedang tidak “mood” dipijat, ya jangan paksa. Bisa-bisa ia berontak dan hasilnya malah keseleo.
Selamat memijat dan menikmati kebersamaan bersamanya.

 

 



Artikel Rekomendasi