Membedakan Hernia dan Hidrokel

 

Pada anak laki-laki, terkadang ditemui benjolan pada kantung kemaluan. Benjolan itu bisa berupa hernia, kemungkinan lain adalah hidrokel. Bagaimana membedakannya?

Hidrokel adalah pengumpulan cairan di dalam kantung yang terletak di sekitar kantong kemaluan atau lipat paha, sedang hernia adalah masuknya lapisan perut (kadang-kadang disertai dengan isi perut, seperti usus) ke dalam kantong kemaluan atau lipat paha.

Hal tersebut dapat terjadi oleh karena ada gangguan dalam pembentukan alat genetalia eksterna. Menilik cara pembentukan dan isi yang berbeda, maka pada umumnya hidrokel berbentuk bulat, berbatas tegas, kenyal dan karena isinya cairan bening maka bila ada sinar melalui benjolan, sinar itu dapat menembus benjoloan tersebut.

Sedangkan hernia, pada umumnya berbentuk lonjong, tidak berbatas tegas, kenyal keras dan karena isinya lebih padat, maka tidak tembus bila disorot sinar. Pada umumnya, hernia merupakan benjolan yang hilang timbul.

Pemijatan ke arah atas dapat menyebabkan isi benjolan tersebut pecah atau membengkak, sehingga menyebabkan keadaan berbahaya. Hernia di lipat paha pada umumnya memerlukan tindakan operasi. Biasanya, luka operasi itu akan sembuh dalam waktu beberapa hari saja.

 



Artikel Rekomendasi