Bayi Prematur Perlu Suplemen Makanan?

 

Tanya: Idealkah bila berat badan bayi prematur saya (kini 5 bulan) adalah 5 kilogram?  Sampai sekarang dia minum 60 mililiter setiap 2 jam. Di malam hari pun saya tetap menyusuinya walau ia tidak menangis. Apakah dia perlu suplemen makanan?  

Jawab: Bayi prematur seringkali dipandang sebagai bayi yang selalu kecil dan tertinggal dalam hal pertumbuhan. Padahal, bayi prematur pun dapat tetap tumbuh dengan baik dan mengejar (catch up) ketertinggalannya itu. Sayangnya Ibu tidak mencantumkan pada usia gestasi (kehamilan) berapa anak Ibu lahir, sehingga saya dapat lebih tepat menganalisisnya. Tetapi praktisnya, kenaikan berat badan yang dituju adalah 20-30 gram/hari.

Dengan bertambahnya usia, kemampuan minum bayi akan meningkat, dan intervalnya juga dapat bertambah lama (biasanya antara 2-3 jam per hari). Pemberian minum pada malam hari biasa dilakukan terhadap bayi, hanya saja pemberiannya tidak dilakukan pada saat bayi tidur.

Beberapa vitamin dan mineral tertentu juga perlu ditambahkan bagi bayi prematur. Untuk lebih jelasnya, saya sarankan Ibu menjumpai dokter spesialis anak terdekat.

dr. Titis Prawitasari, SpA

 



Artikel Rekomendasi