Jadwal Imunisasi Bayi

 

Tanya: Saya baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki. Untuk imunisasi bayi saya, jadwal imunisasi mana yang sebaiknya saya ikuti, dari pemerintah atau IDAI?  

Jawab: Jadwal imunisasi pemerintah atau IDAI sebetulnya sama saja prinsipnya. Jadwal imunisasi pemerintah dilaksanakan di fasilitas umum seperti Puskesmas, Posyandu, bidan, rumah bersalin atau RS pemerintah, dengan tujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi nasional. Vaksin yang tersedia adalah vaksin-vaksin yang sudah bisa diproduksi sendiri sehingga murah atau bahkan cuma-cuma.

Jadwal IDAI lebih individual dan diterapkan di praktik pribadi atau RS swasta dan klinik swasta. Untuk imunisasi yang diwajibkan IDAI sama saja dengan jadwal imunisai pemerintah. Yang berbeda adalah imunisasi yang dianjurkan karena vaksin-vaksin tersebut sebagian besar masih impor. Akibatnya, biayanya tidak terjangkau oleh sebagian besar rakyat Indonesia dan pemerintah belum dapat menyediakan secara massal. Untuk diketahui, vaksin yang dianjurkan sebetulnya juga penting.

dr. Setyo Handryastuti, SpA(K)
    

 



Artikel Rekomendasi