Operasi Hernia

Tanya: Adakah cara lain untuk menyembuhkan hernia selain operasi? Anak saya baru lahir seminggu lalu dan diindikasi mengalami hernia.  

Jawab: Hernia disebabkan adanya bagian dinding perut yang lebih lemah dibandingkan bagian dinding perut yang lain, sehingga sebagian dari isi rongga perut –antara lain usus, mesenterium (penggantung usus), dan jaringan lemak– bisa terdorong melalui tempat lemah tersebut lalu membentuk kantong dan menyembul keluar dinding perut.  

Hernia pada bayi terjadi karena bagian dinding perut yang lebih lemah itu sudah terdapat sejak lahir. Lalu, karena bayi banyak menangis –menyebabkan tekanan rongga perut meningkat– isi rongga perut terdorong ke tempat lemah tersebut dan menimbulkan hernia. Semakin sering bayi menangis, batuk atau mengedan, semakin besar hernianya.

Tidak ada cara lain yang efektif untuk mengatasi hernia selain operasi untuk memperkuat tempat lemah tersebut. Semakin cepat operasi, semakin baik. Karena, bila banyak bagian usus yang keluar melalui kantong hernia, maka terdapat risiko usus terjepit. Sementara menunggu operasi, usahakan agar bayi jangan banyak menangis, batuk dan mengedan untuk mengurangi risiko keluarnya usus.

dr. Muzal Kadim, SpA





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)