Sulit Menelan MP-ASI

 

Tanya: Bayi saya (7 bulan) hanya suka ASI, sulit sekali menelan MP-ASI. Porsi makannya hanya 1 sendok makan makanan instan bubuk yang dicairkan dan diberikan 3 kali sehari. Bagaimana agar dia mau menerima makanan dengan baik? Apakah ini dipengaruhi giginya yang sedang tumbuh?

Jawab: Usia 7 bulan adalah masanya bayi mulai belajar makan makanan semi padat. Diawali dengan bubur susu, yakni bubur tepung beras, misalnya yang dicampur ASI. Buat jadwal makan yang teratur sesuai kebiasaan bayi dan kesiapan ibu. Untuk saat ini, buat jadwal makan 2 kali sehari dulu, namun porsi makannya ditambah. Selain itu, jangan susui bayi 2 jam sebelum makan. Bila dia haus, beri air putih. Dengan demikian, saat jam makan tiba, bayi merasa lapar dan nafsu makannya timbul. Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya bawalah ke dokter anak untuk evaluasi lebih lanjut. Tumbuh gigi tidak berhubungan dengan kemampuan mengunyah bayi.
dr. Yoga Devaera, SpA


 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more