Tanya – Jawab: Bayi Sering Bangun di Malam Hari

 

T: Bayi saya usia 7 bulan, berat badannya 9 kg/72 cm. Saya agak terganggu dengan kebiasaannya sering bangun di malam hari. Padahal, ia sudah makan 3 kali sehari dan minum susu pagi dan siang @ 180 ml, juga malam hari setiap 2 jam sekali 90 ml, setiap kali ia terbangun. Apakah yang menjadi penyebab ia bangun setiap malam? Bagaimana mengatasi kebiasaan tersebut?

J: Pola tidur seorang anak selalu berubah sesuai dengan usia dan tahapan tumbuh kembangnya. Untuk anak usia 2 – 12 bulan, jumlah jam tidur rata-rata sehari antara 14 – 15 jam, frekuensinya dapat 2 – 3 kali. Semakin bertambahnya usia, akan semakin lama jumlah jam tidur malamnya. Pada malam hari biasanya hanya 1 – 2 kali terbangun.

Jumlah nutrisi yang Anda berikan sudah cukup, terlihatdari berat badan dan tinggi badan anak sesuai dengan usianya. Selain kecukupan nutrisi, lingkungan tempat anak tidur juga perlu diperhatikan, seperti suhu ruangan, kenyamanan peralatan tidur, lampu di kamar, kebisingan kamar, dan sebagainya.

Beberapa kegiatan dapat membantu anak tidur nyenyak, seperti melakukan pemijatan sebelum tidur, memandikan anak/menyeka tubuhnya sebelum tidur, membacakan cerita, atau melakukan rutinitas tertentu sebelum tidur sesuai dengan kreasi orang tua.

Pada masa ini, diharapkan anak dapat 'tidur dengan sendirinya' tanpa perlu bantuan orang lain. Bila pada malam hari anak tidak terbangun, jangan dengan sengaja dibangunkan untuk minum susu.    

 



Artikel Rekomendasi