Tertular Asma

Tertular Asma Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Bayi saya 3,5 bu;an, tampak sehat-sehat saja. Say akhawatir dia tertular asama, karena saya penderita asma alergi (debu, obat-obatan, makanan laut, dan sebagainya). Apa yang harus saya lakukan? Bolehkah saya menyusui?

Jawab: Sebagian besar asma didasari faktor alergi. Bakat alergi ini dapat diturunkan, tetapi tidak ditularkan. Yang ditularkan adalah penyakit infeksi, yaitu penyakit yang disebabkan kuman, bisa berupa bakteri atau virus.
           Anak Anda memang berpotensi mempunyai bakat alergi yang diturunkan dari Anda. Bakat alergi yang diturunkan ini dapat muncul sebagai oenyakit, kalau ada pemicunya. Seandainya muncul pun, bentuk penyakit alerginya belum tentu sama. Misalnya, jika Anda mengalami asma yang lokasinya dalam paru, maka pada anak Anda bisa muncul dalam bentuk alergi di hidung atau alergi di kulit (kaligata, eksim).
           Pemberian ASI sangat baik untuk mencegah berkembangnya bakat alergi yang menjadi penyakt alergi. Namun selama menyusui, sebaiknya hindari makanan yang sifat alergenniknya kuat, seperti seafood dan telur. Tindakan pencegahan ini sebaiknya memang dilakukan sejak hamil.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)