Tes Mantoux Cek Hasil Imunisasi BCG

 

T: Di usia 1 bulan, bayi saya diimunisasi BCG. Tapi sampai umur 4 bulan, tidak muncul seperti bisul di bekas suntikan BCG yang menandakan imunisasi berhasil. Dokter menyarankan tes Mantoux pada umur 5 bulan. Kalau (-) akan diulang imunisasi BCG, kalau (+) akan ada tindakan selanjutnya. Setahu saya, masa inkubasi tuberkulosis (TB) adalah 6 bulan, jadi tes Mantoux kurang dari 6 bulan pasti hasilnya (-).  

J: Memang benar, umumnya timbul benjolan di bekas suntikan setelah 1 bulan. Tetapi bukan berarti kalau tidak timbul benjolan harus diulang tesnya, sebab yang penting bayi sudah diimunisasi BCG. Hasil kekebalannya sama saja. Jadi, bayi Anda tidak perlu tes Mantoux ulang sebelum imunisasi.

Tes Mantoux (Mt) diperlukan kalau kita curiga ke arah TB, misalnya berat badan tidak naik dalam 2 bulan berturut-turut atau panas/demam lama, dan ada kontak dengan penderita TB dewasa. Selain itu, tidak benar bahwa Mt akan negatif sebelum usia bayi 6 bulan. Yang benar adalah kemungkinan besar akan negatif sebelum usia bayi 1 bulan. Kalau setelah usia bayi 1 bulan dan dia menderita TB, maka Mt akan positif. Jadi, sebaiknya imunisasi BCG tidak perlu diulang, dan kalau curiga TB baru dilakukan Mt.

 



Artikel Rekomendasi