Ubun-ubun Bayi Masih Berdenyut

 

Tanya: Normalkah bila ubun-ubun anak saya (27 bulan) sampai saat ini masih berdenyut?

Jawab: Kepala bayi dibentuk oleh beberapa lempeng tulang, yaitu satu buah tulang di bagian belakang, dua buah tulang di kanan dan kiri, serta dua buah tulang di depan. Ketika lahir, belum semua tulang itu menyambung satu sama lain dan terdapat celah di antaranya. Bila diperhatikan, ada dua celah di kepala bayi, yaitu yang besar di depan dan yang kecil di belakang. Yang di belakang atau ubun-ubun kecil saat bayi lahir sudah menutup. Mungkin yang Ibu maksud pada anak Ibu adalah celah atau ubun-ubun yang besar.

Ubun-ubun besar masih berdenyut artinya belum menutup. Umumnya ubun-ubun besar mulai menutup saat anak berusia 9 bulan, dan sebagian besar sudah menutup pada usia 18 bulan. Di usia 24 bulan (2 tahun) ubun-ubun harus sudah menutup. Jika ubun-ubun belum menutup, perlu dicermati adanya kelainan, seperti hidrosefalus (pembesaran tengkorak kepala), sindroma Down, atau hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid).

Berapa lingkar kepala anak Ibu? Bagaimana perkembangan anak Ibu, normalkah? Jika lingkar kepala dan perkembangannya normal, maka tidak ada masalah. Diobservasi saja. Tapi, jika salah satu atau keduanya tidak normal, sebaiknya Ibu segera konsultasi ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

dr. Setyo Handryastuti, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi