“Curi” Waktu Istirahat Saat Hamil

 

Banyak penyebab ibu hamil gampang lelah. Mulai dari aktifnya hormon progesterone yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan laju aliran darah dalam tubuh melambat, hingga asupan gizi yang kurang baik terutama kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia. Juga akibat pengaruh pola kerja serta kebiasaan bergerak yang kurang tepat, misalnya terlalu banyak berdiri, berjalan dan kurang istirahat.

Maka tak bisa tidak, ibu hamil harus pandai mencuri waktu istirahat di sela kesibukan istirahat tak selalu berarti berbaring atau tidur. Membangun mood agar selalu merasa bahagia, serta jeda sebentar dari sebuah aktivitas sudah bisa mengendurkan otot yang tegang dan tubuh kembali dialiri energi.

Atur agar cukup tidur di malam hari supaya bisa bangun pagi pada waktunya dia dalam keadaan segar. Anda pun tidak memulai hari dengan serba tergesa-gesa yang akhirnya membuat Anda mudah lelah sepanjang hari.


Buat suasana nyaman di mana pun Anda berada.
Misalnya dengan:
  • Selalu membawa rekaman musik favorit ke mana pun Anda pergi.
  • Letakkan gambar yang bisa membuat Anda merasa tenang dan bahagia, misalnya foto orang-orang tercinta atau lokasi liburan favorit, di tempat yang mudah dan sering Anda lihat.
  • Membaca buku atau majalah yang menyenangkan.
  • Menghirup aroma favorit yang bisa membangkitkan mood Anda. Seperti aroma sabun mandi, body lotion dan body spray.
“Curi” waktu istirahat di tengah kesibukan bekerja sesering mungkin. Sebaiknya Anda tidak mengakumulasikan kebutuhan istirahat dalam satu waktu. Mala di sela-sela kegiatan, cari tempat di mana Anda bisa menyelonjrkan kaki sekitar 5-20 menit, atau bila memungkinkan, berbaringlah sebentar. Kalau terpakas berdiri lama, letakkan bangku kecil di dekat Anda, sehingga Anda bisa menumpangkan salah satu kaki secara bergantian. Hal ini akan menahan beban sekaligus mengistirahatkan kaki, sehingga Anda dapat terhindar dari nyeri punggung dan pinggang.

Sering-seringlah minum, meski tidak harus sekaligus dalam jumlah besar, agar tubuh kembali segar.   

 



Artikel Rekomendasi