Ayo Olahraga Pada Kehamilan Trimester II

 

Tubuh semakin berubah saat hamil membuat gerakan Anda makin terbatas. Jangan paksakan diri dengan membuat gerakan diluar kemampuan. Alangkah baiknya Anda mengikuti rambu-rambu berikut ini.

Melakukan gerakan olahraga secara benar saat kehamilan memang sangat penting agar tidak menekan atau merusak otot manapun. Keseimbangan hormon juga mempengaruhi gerakan-gerakan Anda. Hormon progresteron dan estrogen yang meningkat membuat otot dalam kondisi yang menyebabkan cairan dalam tubuh akan tertahan dan peredaran darah pun terganggu.

Di usia kehamilan minggu ke 24 ini, dengan olahraga teratur, peredaran darah dapat kembali lancar, otot menjadi kuat, dan persendian menjadi lentur. Itulah sebabnya, latihan yang teratur dan terkontrol akan bermanfaat bagi kesehatan Anda sampai persalinan tiba

Saat berolahraga, sebaiknya gunakan pakaian berbahan lembut yang nyaman dan membuat Anda leluasa bergerak. Ingin segera olahraga? Ikuti gerakan ini:

Gerakan I
  1. Tidurlah pada sisi miring. Ujung jari kaki yang diatas mengarah ke lantai
  2. Jaga keseimbangan pada pinggul Anda, naikkan kaki yang diatas dengan posisi ujung jari kaki yang tidak berubah. Kemudian turunkan kembali sampai hampir menyentuh kaki yang dibawah.

Gerakan II
  1. Berlututlah dengan posisi tegak dan tangan lurus ke depan
  2. Perlahan-lahan, turunkan badan Anda. Pertahankan posisi tegak badan supaya lutut tidak tertekan. Kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan ini 10 kali
Gerakan III
  1. Tidurlah pada sisi kanan dengan kaki kiri di tekuk dan telapak kaki menempel di lantai tepat di belakang kaki kanan
  2. Naikkan kaki kanan dengan ujung jai menghadap ke atas. Kemudian turunkan kembali sampai hampir menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini 5 kali untuk tiap kaki.

Gerakan IV. Melangsingkan pinggul
  1. Bersikaplah merangkak dengan perut dan punggung bagian bawah dalam posisi relaks.
  2. Naikkan punggung, sehingga berbentuk lengkungan dengan mengencangkan otot perut serta pantat Anda. Kemudian relaks kembali. Lakukan gerakan ini 5-10 kali

Gerakan V. Melempar kaki
  1. kembali ambil posisi merangkak. Perlahan bawa lutut salah satu kaki ke arah depan
  2. Perlahan lempar kaki yang ditekuk tadi ke arah belakang, kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini 3 sampai 4 kali untuk tiap kaki. Ketika kaki dilempar ke belakang, rasakanlah kencangnya otot bagian bawah pantat Anda.

Gerakan VI. Mengangkat lutut
  1. Ambil posisi merangkak
  2. Angkat salah satu lutut ke arah samping hingga 90°, dengan mengencangkan otot pinggul dan paha bagian luar. Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini beberapa kali, kemudian ganti dengan kaki yang lain.

Gerakan VII. Melengkungkan tubuh bagian belakang
  1. Telentanglah dengan tangan terentang ke samping badan dan lutut ditekuk. Telapak kaki rata dengan lantai.
  2. Angkat punggung bagian bawah serta pinggul. Berusahalah untuk menahannya dengan mengencangkan otot pantat Anda. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 sampai 6 kali. Tetapi harus Anda ingat, jangan mengangkat terlalu tinggi. 

 



Artikel Rekomendasi