Inilah Manfaat Hormon Kehamilan

 

Saat Anda hamil, sejumlah hormon khas kehamilan diproduksi oleh tubuh. Apa manfaat dan efek kehadirannya bagi Anda dan janin?

Human chorionic gonadothropin (hCG). Gunanya: meningkatkan produksi hormon progesteron oleh indung telur atau ovum, untuk menekan haid dan mempertahankan kehamilan. Diproduksi oleh villi chorionic (jonjot selaput pembungkus janin). Puncak produksinya di minggu ke-10, setelah itu kadarnya menurun dan stabil hingga akhir kehamilan.

Efek bagi ibu dan janin: kadarnya yang tinggi di darah ibu berbarengan dengan kejadian morning sickness, sehingga hormon ini disebut-sebut sebagai penyebab mual dan muntah. Adanya hCG di urin, pertanda pasti kehamilan.

Human Placental Lactogen (hPL). Gunanya: memroduksi ASI dan memeriksa efektivitas plasenta pada akhir kehamilan. Diproduksi oleh plasenta.

Efek bagi ibu dan janin: menyebabkan payudara membesar dan pengeluaran kolostrum mulai bulan ke-5. Jika kadar hormon ini rendah,  ada kemungkinan plasenta kurang berfungsi dengan baik dalam memberi makan janin.  

Relaksin. Gunanya: melunakkan leher rahim dan mengendurkan sendi-sendi panggul. Diproduksi oleh plasenta.

Efek bagi ibu dan janin: mengendurkan sendi dan ligamen (jaringan ikat) ibu.

Estrogen. Gunanya: meningkatkan volume darah di tubuh ibu, Diproduksi plasenta, dengan zat pembentuk awal dari ibu dan kelenjar adrenal janin.

Efek bagi ibu dan janin: memengaruhi semua aspek kehamilan, antara lain; merangsang pertumbuhan saluran susu  di payudara untuk kegiatan menyusui, mengendurkan jaringan ikat dan sendi sebagai persiapan melahirkan, memengaruhi gerakan usus sehingga menyebabkan gangguan sembelit, dan meningkatkan suhu tubuh ibu.

Progesteron. Gunanya: mempertahankan kehamilan, mengendorkan otot-otot polos. Diproduksi oleh plasenta.

Efek bagi ibu dan janin: memengaruhi semua aspek kehamilan, yaitu merangsang pembesaran kelenjar payudara, memengaruhi kerja otot halus jadi lebih relaks sehingga ibu mengalami sembelit, memengaruhi perasaan dan suasana hati ibu sehingga suasana hati berubah-ubah dengan cepat.

Melanocyte Stimulating Hormone (MSH). Gunanya: kadarnya meninggi selama kehamilan, untuk merangsang kulit menghasilkan pigmen.

Efek bagi ibu dan janin: tingginya kadar MSH membuat ibu hamil mengalami pigmentasi atau menghitamnya kulit di bagian tertentu.

Bagi Anda yang sedang hamil, apa pengaruh hormon-hormon tersebut yang Anda alami?

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more